KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN NON SASTRA PADA SISWA KELAS V SD N 110/I TENAM KABUPATEN BATANGHARI

YANTO, ANDRI KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN NON SASTRA PADA SISWA KELAS V SD N 110/I TENAM KABUPATEN BATANGHARI. JURNAL KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN NON SASTRA PADA SISWA KELAS V SD N 110/I TENAM KABUPATEN BATANGHARI.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Andri Yanto. 2016 “Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan Non Sastra Pada Siswa Kelas V SD N 110/I Tenam Kabupaten Batanghari”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Rustam, S.Pd, M.Hum (II) Drs. Admizal, M.Pd . Kata kunci: Membaca Pemahaman pada Pelajaran Bahasa Indonesia Terkait belum optimalnya membaca pemahaman siswa kelas V SD N 110/I Tenam yang didapat dari keterangan guru kelas kemamuan memahami siswa dari materi yang disampaikan atupun wacana yang diberikan oleh guru, kemampuan membaca pemahaman siswa masih di bawah standar KKM, membaca pemahaman erat kaitannya dengan penerimaan matri yang akan disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan Non Sastra Pada Siswa Kelas V SD N 110/I Tenam Kabupaten Batanghari. Penelitian ini dilakukan terhadap 27 subjek kelas V SD N 110/I Tenam. Subjek dipilih sesuai dengan tujuan penelitia. Pengumpulan data terhadap siswa yang diberi tugas Kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan waktu 3 X 35 menit (1X Pertemuan) Hasil penelitian ini bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok pada isi bacaab berada pada nilai 2,93 yang termasuk dalam kategori tepat, rata-rata kemampuan siswa dalam memahami struktur bacaan berada pada nilai 2,83 yang termasuk dalam kategori tepat, rata-rata penggunaan bahasa, EYD kalimat paragraf berada pada nilai 2,85 yang termasuk dalam kategori tepat, rata-rata kemampuan pengungkapan kalimat pada isi teks bacaan berada pada nilai 2,76 yang termasuk dalam kategori tepat , nilai kemampuan memahami isi teks bacaan non sastra pada siswa kelas V SD N 110/1 Tenam Kabupaten Batanghari berada pada range 71,062 %. Berdasarkan tabel criteria interval nilai kemampuan memahami isi teks bacaan non sastra terdapat pada interval sedang. Berdasarkan pemaparan dalam bab IV, kemampuan memahami isi teks bacaan non sastra pada siswa kelas V SD N 110/1 Tenam Kabupaten Batanghari berada pada range 71,062 % yang berada pada interval sedang. . .

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDRI YANTO
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:09
Last Modified: 20 Sep 2018 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item