Motif Belajar pada Siswa Suku Anak Dalam (SAD) di SMK Negeri 1 Merangin Provinsi Jambi (Studi Kasus)

Fitriani, Indri (2023) Motif Belajar pada Siswa Suku Anak Dalam (SAD) di SMK Negeri 1 Merangin Provinsi Jambi (Studi Kasus). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (72kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Keberhasilan seorang siswa dalam mencapai prestasi belajrnya sangat di pengaruhi oleh faktor tertentu. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah dorongan dalam diri siswa untuk belajar, atau yang dikenal dengan motif belajar siswa. Termasuk juga siswa Suku Anak Dalam yang mendapatkan pendidikan di SMK Negeri 1 Merangin yang melatarbelakangi terjadinya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif belajar pada siswa Suku Anak Dalam (SAD) di SMK Negeri 1 Merangin serta faktor apa saja yang menghambat serta mendukung belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Suku Anak Dalam (SAD) di SMK Negeri 1 Merangin sebagai partisipan dan wali kelas, guru mata pelajaran serta teman siswa SAD sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Peneliti merupakan instrumen utama penelitian ini dibantu dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: a). Motif belajar pada siswa Suku Anak Dalam itu sendiri berbeda-beda, berdasarkan penelitian dari partisipan dan informan yang disimpulkan oleh peneliti yaitu motif belajar pada siswa Suku Anak Dalam dipicu oleh rasa ingin tahu dari siswa Suku Anak Dalam itu sendiri dan juga dukungan dari orang tua siswa Suku Anak Dalam, b). Faktor pendukug dan penghambat belajar pada siswa juga berbeda-beda, terkhusus pada siswa Suku Anak Dalam (SAD) faktor pendukung belajar siswa Suku Anak Dalam (SAD) salah satunya adanya dukungan dari orang tua, metode yang digunakan dalam mengajar, serta sarana dan prasarana yang disediakan di sekolah. The success of a student in achieving learning achievement is strongly influenced by certain factors. As for one of the factors that influence it is the encouragement in students to learn, or what is known as student learning motives. This includes students from the Anak Dalam tribe who received education at SMK Negeri 1 Merangin, which is the background of this research. This study aims to determine the learning motives of students of the Suku Anak Dalam (SAD) at SMK Negeri 1 Merangin and what factors hinder and support student learning. The method used in this study is a qualitative method using a case study approach. The subjects in this study were students of the Suku Anak Dalam (SAD) at SMK Negeri 1 Merangin as participants and homeroom teachers, subject teachers and friends of SAD students as informants. Collecting data using the method of observation and in-depth interviews. The researcher is the main instrument of this study assisted by observation guidelines and interview guidelines. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data display and conclusion. Triangulation used to test the validity of the data is data triangulation. The research results show: a). The learning motives of the Anak Dalam students themselves varied, based on research from participants and informants which concluded by the researchers that the learning motives of the Anak Dalam students were triggered by the curiosity of the Anak Dalam students themselves and also the support of the students' parents. Suku Anak Dalam, b). Factors supporting and inhibiting learning in students also vary, especially for students of the Anak Dalam Tribe (SAD). Factors supporting the learning of the Suku Anak Dalam (SAD) students include support from parents, the methods used in teaching, as well as the facilities and infrastructure provided provided at school.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif Belajar, Suku Anak Dalam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fitriani
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:27
Last Modified: 18 Jul 2023 08:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53881

Actions (login required)

View Item View Item