Oktavia, Cika (2023) Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Tentang Pemberian Makanan Bergizi Pada Balita Di Posyandu Kenanga Kelurahan Cempaka Putih Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI CIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Gizi kurang pada anak dapat diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan ibu tentang bagaimana pemberian makanan yang bergizi pada anak serta anak tidak memperoleh cakupan konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Praktek pemberian makanan pada anak merupakan intervensi yang efektif untuk meningkatkan status kesehatan anak. Tujuan : Untuk mengetahui pengetahuan dan perilaku ibu dalam pemberian makanan bergizi pada balita di posyandu kenanga kelurahan cempaka putih wilayah kerja puskesmas simpang kawat kota jambi. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian quassy experiment dengan rancangan penelitian one group pretest dan posttest. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 56 responden. Metode yang digunakan berupa ceramah dan demonstrasi dengan analisa data univariat berupa distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji non-parametik Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan bahwa setelah diberikan intervensi tingkat pengetahuan ibu meningkat dari 1 orang (1,8%) menjadi 51 orang (91,1%) dan perilaku ibu meningkat dari 24 orang (42,9%) menjadi 53 orang (94,6%). Hasil uji non parametik Wilcoxon sebelum dan sesudah intervensi didapatkan nilai p-value 0,000 dengan rentang nilai perbedaan pengetahuan sebesar 4,9642 dan perilaku sebesar 17,7143. Kesimpulan : Terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan perilaku ibu di posyandu kenanga kelurahan cempaka putih wilayah kerja puskesmas simpang kawat. Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Edukasi Gizi, Praktik Pemberian Makan ABSTRACT Background: Malnutrition in children can be caused by a lack of knowledge of mothers about how to provide nutritious food to children and children who do not get coverage for consuming foods that have balanced nutrition. The practice of feeding children is an effective intervention to improve children's health status. Objective: To find out the knowledge and behavior of mothers in providing nutritious food to toddlers at the Posyandu Kenanga, Cempaka Putih Subdistrict, the working area of the Simpang Kawat Health Center, Jambi City. Method: This study used a quassy experimental research design with one group pretest and posttest. The number of samples in this study were 56 respondents. The method used is lectures and demonstrations with univariate data analysis of frequency distribution and bivariate with Wilcoxon non-parametric test Results: The results of this study found that after being given the intervention the level of mother's knowledge increased from 1 person (1.8%) to 51 people (91.1%) and mother's behavior increased from 24 people (42.9%) to 53 people (94.6 %). The results of the Wilcoxon non-parametric test before and after the intervention obtained a p-value of 0.000 with a range of values for differences in knowledge of 4.9642 and behavior of 17.7143. Conclusion: There is the influence of nutrition education on the knowledge and behavior of mothers in the Posyandu Kenanga, Cempaka Putih Subdistrict, the working area of the Simpang Kawat Health Center. Keywords: Knowledge, Behavior, Nutrition Education, Feeding Practices
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Perilaku, Edukasi Gizi, Praktik Pemberian Makan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Oktavia |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:40 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |