Ghufran, Naufal (2023) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM BUDAYA LITERASI DI SMA ADABIAH 2 PADANG. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi naufal BAB 1-2-3-4-5 Fiks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul CoveR Repository.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf Download (623kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
ABSTRAK Ghufran, Naufal. (2023). Peranan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Budaya Literasi di SMA Adabiah 2 Padang: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs Firman, M.Si.(2) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Literasi, Membaca Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan dan mengembangkan budaya literasi membaca pada peserta didik, dengan melihat dari tiga objek peranan kepemimpinan kepala sekolah diantaranya: peranan kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan, motivator dan penanggung jawab. Mengetahui kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam budaya literasi membaca, dengan tiga tahapan budaya literasi, Pembiasaan, pengembangan dan pelaksanaan berbasis pembelajaran budaya literasi, serta solusi mengatasi kendala tersebut pada pembiasaan, pengembangan, dan pelaksanaan budaya literasi membaca. Yang mana penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumen. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi data.’ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembiasaan, pegembangkan dan pelaksanaan budaya literasi membaca belum berjalan dengan secara optimal dan maksimal, masih perlu ditingkatkan diantaranya: Peranan kepemimpinan kepala sekolah melalui perananya sebagai motivator pada tahap pembiasaan hal ini di tingkatkan lagi agar menumbuhkan kembali minat literasi membaca peserta didik. Lalu terdapat kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah pada tahap pelaksanaan budaya literasi membaca yaitu: yang berasal dari individu perserta didik itu sendiri dimana bermain hanphone, game, menonton televisi, dan sikap tidak mau tau dari peserta didik dengan arahan kepala sekolah tentang arahan pada kegiatan maupun pelaksanaan literasi membaca. Ini terbukti belum terlaksananya dengan sempurna dalam budaya literasi membaca di SMA Adabiah 2 Padang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | GHUFRAN |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:21 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 05:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |