MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI METODE GLENN DOMAN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SDN 134/I MERBAU

Sawitri, Mita (2023) MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI METODE GLENN DOMAN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SDN 134/I MERBAU. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (379kB)
[img] Text
SKRIPSI_MITA SAWITRI (A1D119132)-1_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah proses pembelajaran menggunakan metode Glenn Doman Berbantuan Media Flashcard dalam meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas I SDN 134/I Merbau kecamatan Bajubang, kabupaten Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dari observasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan peningkatan minat membaca siswa dengan metode Glenn Doman berbantuan media flashcard dan secara kuantitatif berupa skor minat membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian terkait penerapan metode Glenn Doman berbantuan media falshcard mampu meningkatkan minat membaca siswa. Hal ini dikarenakan siswa mengalami peningkatan minat membaca dengan memperhatikan tiap indikator minat membaca dapat terlihat pada setiap siklus. Pada siklus I pertemuan pertama mendapatkan hasil sebesar 29,4% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua sebesar 52,9%. Pada siklus II pertemuan pertama hasilnya mencapai 64,7% dan mengalami peningkatan di pertemuan kedua sebesar 76,4%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Glenn Doman berbantuan media flashcard dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas I SDN 134/I Merbau. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator minat membaca yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa pada tiap siklus pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Glenn Doman, Media Flashcard, Minat Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sawitri
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:33
Last Modified: 07 Sep 2023 04:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55361

Actions (login required)

View Item View Item