WARDANI, RISKA (2023) STRTATEGI GURU DALAM MENERAPKAN KEGIATAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 47/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Wardani, Riska. 2023. Strategi Guru dalam Menerapkan Kegiatan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembibing: (1) Dr. Muhammad Sofwan,S.Pd., M.Pd (11) Hendra Budiono,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Literasi Digital. Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan kegiatan literasi digital di sekolah dasar di kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester ganjil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan kegiatan literasi digital di kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi siswa mendapatkan informasi yang valid. Dengan strategi yang telah digunakan oleh guru dapat meningkatkan keingintahuan, meningkatkan keberanian bertanya siswa terlihat pada: (1) Guru melakukan persiapan dengan menyiapkan RPP yang menarik, menyiapkan media yang akan digunakan seperti, komputer, handphone, internet, perpustakaan digital, proyektor, (2) tahapan pelaksanaan, guru sudah melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan dipersiapkan sebelumnya. Guru menerapkan kegiatan literasi digital melalui proses membaca, seperti dengan metode mengetahui, membaca dan memahami. Guru juga menggunakan media seperti video, handphone, internet dan komputer. Penerapan literasi digital yaitu mengetahui, membaca dan memahami proses muatan literasi digital. (3) evaluasi hasil, dalam tahap ini dari proses penerapan literai digital guru melihat bagaimana pemahaman siswa terhadap aspek indikator literasi digitalyan yang tealah diterapkan yaitu bagaimana siswa mengetahui, membaca, dan memahami. Selanjutnya kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu guru kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi telah melaksanakan strategi guru dalam menerapkan kegiatan literasi digital di sekolah dasar melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Pada tahapan tersebut literasi digital yaitu mengetahui, membaca dan memahami.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Wardani |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:09 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |