MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS IV

YULIANTO, YULIANTO MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS IV. JURNAL MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS IV.

[img] Text
REPOSITORY.pdf

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK Yulianto. 2018. “Meningkatkan Berfikir Kretif Siswa Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Pemecahan Masalah (Problem Salving) di Kelas IV SD Negeri 257/VI Air Batu”. Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Drs. Marjohan, S.Pd Kata kunci: Berfikir Kretif, Metode Pemecahan Masalah (Problem Salving) Hasil pengamatan peneliti di SD Negeri 257/ VI Air Batu.I pada saat proses belajar mengajar khususnya pada pelajaran sain, masih banyak siswa yang belum berani tampil percaya diri dalam berinteraksi dengan guru, serta tampil di depan teman-temannya sehingga mengakibatkan kemampuan berfikir kreatif siswa akan rendah, berfikir kreatif yang harus dimiliki siswa sebaiknya dalam percakapan siswa tidak terpaku pada pedoman seperti cacatatan yang dibuat dan hafalan, sedangkan siswa di haruskan berfikir kreatif dalam penyelesaian pembelajaran yang berlangsung, dengan adanya permasalahan tersebut metode belajar sangat perlu diberikan kepada siswa untuk dapat menumbuhkan nilai karakter khususnya berfikir kreatif, dengan permasalahan tersebut peneliti ingin memberikan suatu metode yang dapat menumbuhkan berfikir kreatif siswa dengan metode pembiasaan sehingga siswa mampu berinteraksi dengan guru tanpa adanya rasa takut dan kebranian berfikir kratif sehingga siswa dapat menjelaskan ataupun menyampaikan pelajaran tanpa terpaku denagan panduan yang diberikan dan siswa terbiasa secara langsung melalui berfikir siswa yang kreatif. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peningkatan berfikir kreatif siswa melalui metode pemecahan masalah (problem salving) pada pembelajaran sains siswa kelas IV SD Negeri 257/VI Air Batu. I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dan tempat penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 257/VI Air Batu. I dengan jumlah 31 siswa. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa cukup signifikan terlihat pada siklus I dari 71% kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 100% pada kategori sangat baik dan baik. Peningkatan berfikitr kreatif siswa telah sesuai dengan indikator. Guru juga telah menggunakan metode pemecahan masalah (Problem Salving) dalam pembelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pemecahan masalah (Problem Salving) dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, maka penelitian ini telah dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIANTO
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:40
Last Modified: 27 Sep 2018 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item