PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI PROMOSI BARANG KOMERSIL YANG MENYESATKAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN ASAS KEADILAN DAN KEPASTIAN HUKUM

Santoso, Mulia Akbar (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI PROMOSI BARANG KOMERSIL YANG MENYESATKAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN ASAS KEADILAN DAN KEPASTIAN HUKUM. S3 thesis, DOKTOR ILMU HUKUM.

[img] Text
Full Disertasi akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover Proposal Disertasi (1).pdf

Download (738kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf

Download (85kB)
[img] Text
Disertasi BAB I.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Disertasi BAB VI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkritisi bagaimana pengaturan perlindungan konsumen terhadap promosi barang menyesatkan yang dilakukan pelaku usaha, dan juga untuk mengetahui dan menganalisis implementasi asas keadilan dan kepastian hukum terhadap konsumen terhadap promosi barang yang menyesatkan dalam perspektif peraturan perundang- undangan, serta untuk memberikan konsep pemikiran baru dalam memberikan perlindungan bagi konsumen terhadap promosi yang menyesatkan. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu: Apakah pengaturan perlindungan konsumen terhadap promosi barang yang menyesatkan telah memberikan perlindungan terhadap konsumen?, Bagaimana implementasi asas keadilan dan kepastian hukum terhadap konsumen terhadap promosi barang yang menyesatkan dalam perspektif peraturan perundang- undangan?, Bagaimana konsep perlindungan hukum bagi konsumen yang ideal terhadap promosi barang yang menyesatkan dalam rangka mewujudkan asas keadilan dan kepastian hukum?. Untuk menganalisis tujuan dari penelitian ini maka metode penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep, pendekatan perbandingan, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengaturan tentang promosi di Indonesia masih memiliki kekurangan, sebab pengaturan tentang promosi yang masih terdapat kekaburan sehingga mengakibatkan sulitnya bagi konsumen untuk meminta pertanggungjawaban terhadap kerugian akibat promosi yang menyesatkan. Lemahnya posisi tawar konsumen dalam hal penerimaan informasi dari promosi menyesatkan membutuhkan konsep perlindungan hukum yang lebih bersifat pencegahan agar tidak menarik konsumen lebih jauh dalam permasalahan hukum yang membuat konsumen semakin sulit memperoleh hak-haknya. Setelah masalah tersebut diteliti kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa, promosi di Indonesia belum diatur secara tegas dan jelas ke dalam satu Undang-Undang, namun dalam beberapa peraturan perundang-undangan terdapat pasal-pasal yang mengatur tentang promosi, banyaknya peraturan yang mengatur tentang satu permasalahan ini membuat sering ditemukan norma-norma yang dapat dikatakan kabur karena tidak konsisten pengaturannya terhadap suatu permasalahan, hingga pengaturan yang sulit untuk dilaksanakan karena terdapat kekaburan dalam pengaturan tersebut. Oleh karena itu, sebagai rekomendasi dari penelitian ini perlunya pengaturan mengenai promosi suatu produk di Indonesia khususnya dalam UUPK diatur lebih tegas dan jelas dengan mereformulasi serta memasukan poin-poin penting mengenai promosi dari Etika Pariwara Indonesia, sehingga dapat melindungi hak-hak konsumen atas informasi suatu produk. Harapan ke depan dapat dibentuk suatu lembaga baru yaitu Lembaga Sensor Iklan, yang bertugas mengawasi distribusi informasi dalam bentuk promosi kepada konsumen sebagai suatu konsep pencegahan bagi konsumen dalam rangka melindungi hak-haknya atas informasi yang benar mengenai suatu barang.

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Ilmu Hukum
Depositing User: Santoso
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:43
Last Modified: 12 Sep 2023 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55656

Actions (login required)

View Item View Item