PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DI KELAS XI SMK

Meiliana, Ajeng Dina (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DI KELAS XI SMK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (676kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (126kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL A1C219004.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk E-modul Berbasis Concept-Rich Instruction Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). E-Modul bertujuan untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran matematika. E-modul Dimensi Tiga berbasis Concept-Rich Instruction diharapkan menjadi solusi permasalahan siswa dalam pembelajaran geometri. E-modul ini juga dilengkapi teknologi Augmented Reality untuk mempermudah siswa melihat bentuk maya bangun ruang tiga dimensi menjadi terlihat seperti nyata. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva, isi materi dimensi tiga pada e-modul berbasis tahapan Concept-Rich Instruction. Selain itu didalamnya juga mengandung tahapan indikator pemecahan masalah matematis yang terdiri dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. E-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. tingkat kevalidan materi dari e-modul yang dikembangkan yaitu 93,68 % dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penilaian untuk tingkat kevalidan desain dari e-modul yang dikembangkan yaitu 90,09% dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian tingkat kepraktisan oleh guru dari e-modul yang dikembangkan adalah 100% dengan kategori “Sangat Praktis” dan Dari data hasil angket praktikalitas e-modul oleh siswa, penilaian tingkat kepraktisan dari e-modul yang dikembangkan adalah 87,47% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil angket efektifitas e-modul oleh siswa atau angket respon siswa diperoleh tingkat keefektifan e-modul sebesar 84,6 %. Hasil rata rata Gain Score yang diperoleh sebesar 0,56 yang termasuk kedalam kategori “Cukup Efektif”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Concept-Rich Instruction, Augmented Reality, Dimensi Tiga, Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Meiliana
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:48
Last Modified: 12 Sep 2023 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55664

Actions (login required)

View Item View Item