Puspa, Olfani Andra Dwi (2023) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa kelas VIII.2 SMP Islam Al Falah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK1.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI OLFANI ANDRA DWI PUSPA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan dan persetujuan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP islam al falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Falah Kota Jambi. Subjek dari penelitian ini ialah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII SMP al falah Kota Jambi dan siswa kelas VIII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara bersama guru tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan model Project Based Learning, hasil dokumentasi dan hasil proyek siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP islam al falah Kota Jambi., berdasarkan langkah pembelajaran project based learning yang pertama yaitu pertanyaan esensial dan penentuan proyek sudah terlaksana cukup baik, langkah kedua mendesain perencanaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa terlaksana dengan baik, langkah ketiga menyusun jadwal pembuatan dan pengumpulan proyek terlaksana dengan baik, langkah keempat guru memonitoring siswa dan kemajuan proyek juga telah terlaksana namun kurang baik, langkah kelima menguji hasil atau penyampaian hasil proyek terlaksana cukup baik, dan langkah keenam mengevaluasi pengalaman belajar terlaksana dengan baik. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP islam al falah Kota Jambi telah terlaksana sesuai langkah pembelajaran project based learning dan rencana pelaksanaa pembelajaran (RPP) yang telah dirancang oleh guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Project Based Learning, teks eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | puspa |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:03 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |