PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI

Violina, Muthia Okta (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Muthia Okta Violina_A1D119079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini didapatkan bahwa motivasi belajar siswa pada muatan IPAS di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi pembelajaran Reconnecting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pelaksanaan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan wawancara, observasi melalui lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi reconnecting dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada motivasi belajar siswa. Pada siklus I pertemuan I tingkat motivasi belajar siswa sebesar 26,08%. Kemudian pada siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa naik menjadi 43,47%. Kenaikan ini terus berlanjut pada siklus II pertemuan I motivasi belajar siswa naik sebesar 60,86%. Hingga pada siklus II pertemuan II motivasi belajar siswa sudah menduduki persentase sebesar 78,26%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi reconnecting mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat dari peningkatan yang telah mencapai lebih dari 70% atau sebanyak 18 dari 23 siswa yang mampu memenuhi indikator keberhasilan peneliti.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran reconnecting, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: violina
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:46
Last Modified: 13 Sep 2023 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55764

Actions (login required)

View Item View Item