Sari, Lia Armalita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LIA ARMALITA SARI (A1D119060) .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SD Negeri 153/IX Suka Makmur dan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar siswa dan juga observasi guru serta dokumentasi yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 153/IX Suka Makmur. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar IPAS siswa terlihat dari lembar observasi pada siklus I keaktifan belajar siswa 42,8% pada kategori (Sedang). Meningkat pada siklus II menjadi 77,3% dengan kategori (Tinggi). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 153/IX Suka Makmur dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mempersiapkan rencana pembelajaran, model pembelajaran yang memiliki ketersesuaian dengan materi yang akan dipelajari. Setiap siswa mempunyai perbedaan apalagi keaktifan belajar dan diharapkan guru bisa menyesuaikan perlakuan kepada setiap individu siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPAS; Keaktifan Belajar; Model Think Pair Share (TPS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |