KELAYAKAN LKM (LEMBAR KERJA MAHASISWA) BERBASIS STUDI KASUS (CASE STUDY) PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Halawa, Lolisa and Wicaksana, Ervan Johan and Natalia, Desfaur (2023) KELAYAKAN LKM (LEMBAR KERJA MAHASISWA) BERBASIS STUDI KASUS (CASE STUDY) PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
LOLISA HALAWA_SKRIPSI FIX_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (701kB)
[img] Text
Persetujuan&Pengesahan.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB)

Abstract

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi adalah mata kuliah wajib pada prodi Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang harus dikuasai oleh calon guru biologi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, media pembelajaran berupa buku pegangan atau referensi tambahan merupakan hal yang dibutuhkan oleh mahasiswa pada mata kuliah ini. Selain itu pada mata kuliah ini hendaknya dibekali pembelajaran studi kasus (case studi) sebagai penunjang kemampuan mahasiswa seperti tuntutan pada abad 21 ini. Oleh karena itu dikembangkan sebuah media pembelajaran berupa Lembar Kerja Mahasiswa berbasis studi kasus (case study) pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis studi kasus (case study) ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan kelayakan produk, serta mengetahui respon dosen pengampu dan juga mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lembar Kerja Mahasiswa ini di validasi oleh ahli media dengan persentase akhir sebesar 83% dengan kategori “Sangat Baik”, validasi ahli materi sebesar 87,32% dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian dosen pengampu mata kuliah sebesar 98,93% dengan kategori “Sangat Baik”, lalu uji coba kelompok kecil sebesar 89,4% dengan kategori “Sangat Baik” serta uji coba kelompok besar memperoleh 84,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian menyatakan produk yang dikembangkan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar LKM digunakan pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi pada materi Teknik Analisis Soal khususnya pada pertemuan 10-11 dengan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HALAWA
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:41
Last Modified: 13 Sep 2023 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55807

Actions (login required)

View Item View Item