PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT-WHATSAPP UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP

Rulyani, Florin Raduchi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT-WHATSAPP UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI REVISI V8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Chatbot-WhatsApp untuk mendukung kemampuan problem solving peserta didik pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP dan mendeskripsikan kualitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim validator, pendidik mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi, serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran Chatbot-WhatsApp yang dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Media pembelajaran ini berfokus pada materi matematika kelas VIII SMP, yaitu kubus dan balok. Media pembelajaran ini juga menyajikan contoh soal yang dilengkapi dengan bimbingan dalam langkah-langkah pemecahan masalah menurut George Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dan berkualitas. Kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) media pembelajaran dinyatakan valid dari segi materi dengan persentase 96% dari dua validator materi dan dinyatakan valid dari segi media dengan persentase 96% dari dua validator media, 2) media pembelajaran dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan oleh pendidik 100% dan persentase kepraktisan oleh peserta didik 89%, 3) media pembelajaran dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan dari angket respon peserta didik 80,71% dan presentase keefektifan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah 96,43%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rulyani
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:05
Last Modified: 14 Sep 2023 08:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55915

Actions (login required)

View Item View Item