Rulyani, Florin Raduchi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT-WHATSAPP UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI REVISI V8.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (75kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Chatbot-WhatsApp untuk mendukung kemampuan problem solving peserta didik pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP dan mendeskripsikan kualitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim validator, pendidik mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi, serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran Chatbot-WhatsApp yang dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Media pembelajaran ini berfokus pada materi matematika kelas VIII SMP, yaitu kubus dan balok. Media pembelajaran ini juga menyajikan contoh soal yang dilengkapi dengan bimbingan dalam langkah-langkah pemecahan masalah menurut George Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dan berkualitas. Kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) media pembelajaran dinyatakan valid dari segi materi dengan persentase 96% dari dua validator materi dan dinyatakan valid dari segi media dengan persentase 96% dari dua validator media, 2) media pembelajaran dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan oleh pendidik 100% dan persentase kepraktisan oleh peserta didik 89%, 3) media pembelajaran dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan dari angket respon peserta didik 80,71% dan presentase keefektifan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah 96,43%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rulyani |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 08:05 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |