CAHYADI, HENDRI KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INSTRINSIK CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INSTRINSIK CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover.docx Download (218kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
bab 1.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
bab 5.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahyadi, H. 2018. Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2027 / 2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Dr. Hj. Nazurty, M.Pd. (2) Dr. Kamaruddin, M.Pd. Kata-kata kunci : keampuan, memahami, unsur intrinsik cerita pendek Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerita pendek yaitu tema, amanat, alur, tokoh, dan latar. Manfaat penelitian ini dapat memberikan dampak positif kepada berbagai pihak, baik secara akademis maupun praktis. Secara akademis manfaat ini sebagai bahan informasi bagi guru SMA Negeri 8 Kota Jambi dalam meningkatkan pembelajaran dalam memahami unsur intrinsik cerita pendek. Secara praktis penelitian ini bermanfaat untuk penelitian selanjutnya sebagai salah satu referensi atau pertimbangan atas masalah-masalah dalam penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif, instrumen yang digunakan berupa tes objektif (pilihan ganda) dengan empat alternatif jawaban (a, b, c, dan d). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 08 s.d 12 agustus 2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 160 siswa. Analisis data menunjukkan (1) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami tema yaitu 74,3% dengan skor 2380 tergolong dalam kategori cukup mampu karena berada dalam interval 60%-74%; (2) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami amanat yaitu 73,4% dengan skor 2350 tergolong dalam kategori cukup mampu karena berada dalam interval 60%-74%; (3) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami alur yaitu 68,4% dengan skor 2190 tergolong dalam kategori cukup mampu karena berada dalam interval 60%-74%; (4) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami tokoh yaitu 75% dengan skor 2400 tergolong dalam kategori mampu karena berada dalam interval 75%-84%; (5) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami latar yaitu 82,3% dengan skor 2635 tergolong dalam kategori mampu karena berada dalam interval 75%-84%;. Dari analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen yaitu tema, amanat, dan alur tergolong dalam kategori cukup mampu dengan persentase tema 74,3%, amanat 73,4%, dan alur 68,4%. Dan untuk tokoh dan latar berkategori mampu dengan persentase penokohan 75% dan amanat 82,3%. Sanar penelitian ini sebagai bahan informasi bagi guru SMA Negeri 8 Kota Jambi dalam meningkatkan pembelajaran memahami cerpen. Selain itu penelitian ini bermanfaat untuk penelitian lanjutan sebagai salah satu referensi atau masalah yang relevan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HENDRI CAHYADI |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 04:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |