Aritonang, Hera Apriliana (2023) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
Skripsi Hera Apriliana Putri (177).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
cover.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
bab i hera.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
bab v.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
dapus.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
halaman pengesahan.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
Abstract
Aritonang, Hera Apriliana Putri. 2023. Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Proposal Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd.,M.Com.Eng., (II) Indra Gunawan, S.Sn.,M.Sn Katakunci: faktor, penghambat, kemampuan berbicara, kelas rendah Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan faktor-fakor penghambat kemampuan berbicara siswa kelas rendah di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 139/IV Kota Jambi pada tanggal 17 Mei 2023 hingga 08 Juni 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri 139/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa faktor apa saja yang menjadi penghambat kemampuan berbicara siswa kelas rendah di Sekolah Dasar. Faktor yang menjadi penghambat kemampuan berbicara kelas rendah di Sekolah Dasar terdiri dari 2 kategori yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kondisi siswa baik kondisi fisik maupun mental siswa, pasifnya siswa selama proses belajar mengajar, kurang percaya diri, selalu merasa takut jika pendapat atau gagasan yang dia sampaikan salah. Lalu ada faktor eksternal yang terdiri dari pola asuh orang tua, pendidikan dan latar belakang sosial orang tua serta metode guru dalam pembelajaran. Selain itu hasil penelitian ini juga mendeskripsikan mengenai cara guru dalam mengatasi hambatan kemampuan berbicara siswa yaitu dengan mengapresiasi apapun yang dilakukan siswa, guru memahami setiap kondisi siswa dan guru juga menghimbau kepada para orang tua untuk membantu dan selalu memantau anak mereka dirumah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor, penghambat, kemampuan berbicara, kelas rendah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Aritonang |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |