PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 95/I OLAK

Sri Mahera Elpani, Iif (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 95/I OLAK. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (514kB)
[img] Text
SKRIPSI IIF SRI MAHERA ELPANI A1D119137.pdf

Download (4MB)
Official URL: hhtps://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sri Mahera Elpani, Iif, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 95/I Olak”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Pemahaman Konsep, Muatan IPS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada muatan IPS kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 95/I Olak, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada muatan IPS mampu meningkatkan pemahaman konsep pada perserta didik. Hal ini mengalami peningkatan pemahaman dengan memperhatikan setiap indikator pemahaman dalam belajarnya dapat terlihat pada setiap pertemuan siklus. Pada siklus I tingkat pemahaman konsep perserta didik terjadi sebesar 43,74% dengan nilai rata-rata 65,5. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 37,51% sehingga nilai persentasenya ialah 81,25% dengan nilai rata-rata 76,56. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada muatan IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep perserta didik kelas VI SDN 95/I Olak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang telah mencapai 75% atau sebanyak 13 perserta didik yang mampu memenuhi indikator keberhasilan penelti.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Pemahaman Konsep, Muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ELPANI
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:20
Last Modified: 20 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56143

Actions (login required)

View Item View Item