Afriani, Melda (2023) Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Siswa Dalam Belajar Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsikuuu Melda.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
![]() |
Text
Cover Melda.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK hehe.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB I MELDA.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB V MELDA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
persetujuan dan pengesahan melda.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Faktor Faktor penyebab ketidakdisiplinan siswa dalam belajar di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Nama : Melda Afriani Nim : A1E118100 Dosen Pembimbing I : Drs, Rasimin, M.Pd Dosen Pembimbig II : Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Setiap manusia memiliki sikap atau perilaku yang berbeda beda untuk mengubah perilaku menuju ke hal yang lebih baik itu tidak semudah yang kita bayangkan. Perubahan itu melalui perjalanan yang panjang, berjenjang, dan berkelanjutan. Disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa. Disiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku, dan tata kehidupan berdisiplin, yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar Sikap yang tidak disiplin dalam belajar contohnya mengerjakan tugas di Sekolah dan tidak memperhatikan Guru didalam kelas ketika sedang belajar, tidak berkonsentrasi ketika belajar, tidur didalam kelas, peneliti juga melihat aturan kedisiplinan yang ada di sekolah tersebut Peraturan ini ditetapkan dengan tujuan agar para siswa berhasil dalam menuntut ilmu selama berada di sekolah maupun di masa yang akan datang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Sumber data diperoleh dari Guru BK, Siswa dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa yang menjadi faktor penybebab ketidakdisiplinan siswa dalam belajar yaitu Faktor internal adalah faktor yang berasal dalam diri siswa, berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di SMA N 11 Kota Jambi terhadap siswa yaitu dari lingkungan keluarga seperti ketidakharmonisan keluarga, kurang kontrol dan pengawasan yang baik dari keluarga yaitu orang tua, dan keterpaksaan untuk bersekolah. Adapun penyebab kedua yaitu faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan di sekolah berdasarkan observasi dan wawancara yang telah di lakukan oleh peneliti di SMA N 11 Kota Jambi bahwa siswa tidak terlalu memperhatikan pelajaran karena tidak suka dengan materi tersebut dan bosan dengan cara belajarnya selain itu disebabkan kurangnya ketegasan dalam memberi sanki terhadap pelanggaran kedisiplinan membuat siswa tidak segan untuk melakukan pelanggaran dalam belajar dikelas Kata Kunci: Kedisiplinan, Belajar, Siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Afriani |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |