Sindi Lastari, Decia (2023) Pengaruh Bermain Kooperatif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Islam Mumtaz Desa Simpang Terusan Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (650kB) |
Abstract
ABSTRAK Lastari, Decia Sindi Lastari. 2023. Pengaruh Bermain Kooperatif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Mumtaz Desa Simpang Terusan Kecamatan Muara Bulian Batanghari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dra. Kasmiati, M.Pd (2) Uswatul Hasni, M.Pd. Kata Kunci : Bermain kooperatif, Kecerdasan Interpersonal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan yang masih belum berkembang. hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu didapatkan bahwa dari 29 anak, 7 diantara nya belum, pada saat bermain kooperatif masih terdapat beberapa anak kemampuan sosial Sensivitas Sosial, Pemahaman Sosial, Komunikasi sosial nya yang belum mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kooperatif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan 59 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 29 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 18.965 > 2.052 pada taraf signifikan α = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penerapan bermain kooperatif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mumtaz Simpang Terusan yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 1,19 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian bermain kooperatif dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain kooperatif, Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Lastari |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:45 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |