Saja, Vadilla (2023) Penerapan Model Pembelajaran MURDER untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB_V_Skripsi.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Vadilla_A1D119180_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (294kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran MURDER dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data diperoleh dari lembar observasi guru dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran MURDER. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu, perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN 80/I Batanghari pada April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Pada siklus I guru masih kurang sempurna dalam menerapkan model pembelajaran MURDER, karena pada proses pembelajaran masih ada langkah-langkah dari model pembelajaran MURDER yang belum terlaksana. Sedangkan pada siklus II guru sudah cukup sempurna dalam menerapkan model pembelajaran MURDER dikelas, sehingga menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat memotivasi peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA sebanyak 57% dari kondisi awal yang hanya mencapai 24%. Kemudian pada siklus I memperoleh keberhasilan sebesar 51% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Kata Kunci: Model Pembelajaran MURDER, Hasil Belajar Abstract This study aims to describe how the application of the MURDER learning model improves students' natural science learning outcomes. This research is a class action research (PTK) which consists of 2 cycles. Data were obtained from teacher and student observation sheets using the MURDER learning model. This research was conducted in 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research was conducted at SDN 80/I Batanghari in April 2023. The research results show that the application of the MURDER learning model can increase teacher and student activity in the learning process and improve student learning outcomes in science learning. In cycle I the teacher was still not perfect in implementing the MURDER learning model, because in the learning process there were still steps from the MURDER learning model that had not been implemented. Meanwhile, in cycle II the teacher was quite perfect in implementing the MURDER learning model in class, thus making the learning process more active and able to motivate students in carrying out the learning process. Apart from that, the learning model can improve student learning outcomes in science learning by 57% from the initial condition which only reached 24%. Then in cycle I the success was 51% and in cycle II it increased to 81%. Keywords: MURDER learning model, learning outcomes
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran MURDER, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Vadilla |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 04:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |