PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

ZULKARNAIN, MHD. AZMI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
TESIS FULL_MHD AZMI ZULKARNAIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning (DL) dan Direct Interaction (DI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 2). Pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3). Interaksi antara model pembelajaran PBL, DL, dan DI dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas VIII, sampelnya sebanyak 95 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I, eksperimen II dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah, instrumen yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Model pembelajaran DL memiliki pengaruh lebih tinggi dalam memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan model pembelajaran PBL, sementaran model pembelajaran PBL lebih tinggi dalam memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan model pembelajaran DI. 2). Motivasi belajar tinggi lebih efektif dalam memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan motivasi belajar sedang, sementara itu motivasi belajar sedang lebih efektif dalam memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan motivasi belajar rendah. 3). Terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL, DL dan DI dengan motivasi belajar dalam memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Model pembelajaran DL sangat baik untuk mengajarkan matematika dalam penemuan konsep dasar matematika, sementara model PBL sangat baik untuk mengajarkan matematika dalam permasalahan nyata. Kedua model sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: MHD. AZMI ZULKARNAIN
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:40
Last Modified: 13 Jun 2024 12:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57411

Actions (login required)

View Item View Item