Faktor Penyebab Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Layanan BK (Studi Di MTsN 2 Kota Jambi)

Felix Sibarani, Ain Juan (2023) Faktor Penyebab Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Layanan BK (Studi Di MTsN 2 Kota Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul : Faktor Penyebab Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Layanan BK (Studi di MTsN 2 Kota Jambi) Nama : AIN JUAN FELIX SIBARANI Nim : A1E117030 Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd Layanan bimbingan serta konseling di sekolah yaitu upaya menolong partisapar pada pengembangan kehidupan individu, kehidupan social, aktivitas berlatih, serta pemograman serta pengembangan pekerjaan. Bermacam usaha dicoba pendidik BK untuk menaikkan minat peserta didik untuk menjajaki layanan BK disekolah. Hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkap (1). Bagaimana keahlian berkomunikasi interpersonal pendidik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi?, (2). Apa yang menimbulkan kurangnya minat berpartisipasi dalam layanan di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi? Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peserta didik/klien yang menghadapi kesulitan atau permasalahan yang sering ada 3 individu peserta didik yaitu AF, RH, serta KI. Penelitian ini dilakukukan dengan memakai rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti memakai alat pengumpulan informasi yaitu observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan informasi dalam penelitian ini memakai teknik triangulasi. Peran guru BK dalam layanan pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi sudah dapat mengentaskan kurangnya minat berpartisipasi dalam layanan tetapi belum sepenuhnya karena guru BK tidak memiliki jadwal masuk kelas yang tetap serta guru BK masih dianggap sebagai polisi sekolah yang kewajibannya hanya menangani kenakalan peserta didik. Sebagaimana dari hasil wawancara peserta didik mengatakan bahwa pendidik BK kurang menjaga kerahasiaan informasi dari peserta didik yang tersebar luas di lingkungan sekolah. Adapun peserta didik mengatakan bahwa pendidik BK kurang memberikan empati yang merata sehingga menimbulkan ke irian antar peserta didik yang menimbulkan peserta didik kurang respect terhadap pendidik BK yg kemudian menimbulkan peserta didik menjadi kurang berminat dalam berpartisipasi dalam layanan BK. Kata Kunci : Penyebab Kurangnya Minat, Mengikuti Layanan BK

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penyebab Kurangnya Minat, Mengikuti Layanan BK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SIBARANI
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:28
Last Modified: 21 Nov 2023 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57448

Actions (login required)

View Item View Item