ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII.7 SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO

sitio, veronika juli putra ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII.7 SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO. Universitas Jambi.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Veronika Juli Putra Sitio .2018. Analisis Proses Berpikir Siswa dengan Kecerdasan Intepersonal dalam pemecahan masalah matematika Kelas VII.7 SMP Negeri 1 Muara Bungo: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Muslim, S.Pd., M.Si (2) Drs. Zaimi Efendi, M.Pd Kata Kunci : proses, berpikir, kecerdasan interpersonal, pemecahan masalah Proses berpikir adalah urutan kejadian mental yang terjadi dalam proses mencampur, mencocokan, mengabungkan, menukar, dan mengurutkan konsep-konsep , pengalaman secara alamiah atau terencana dan sistematis pada konteks ruang, waktu, dan media yang digunakan, serta menghasilkan suatu perubahan terhadap objek yang mempengaruhinya. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan untuk memahami dan membuat perbedaan perbedaan pada suasana hati, maksud, motivasi, dan perasaan terhadap orang lain. Dalam kata lain kecerdasan interpersonal adalah kemampuan berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa yang ditinjau dari kecerdasan interpersonal dalam pemecahan masalah matematika soal cerita aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muara Bungo. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dengan kecerdasan interpersonal di kelas VII SMP tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tes kecerdaan interpersonal, lembar tes soal proses berpikir dalam menyelesaikan soal cerita aljabar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan interpersonal tertinggi pertama (SI1) mampu melewati proses berpikir dengan baik pada setiap langkah pemecahan masalah di semua tahap tes tertulis yang diperkuat dengan jawaban-jawabannya pada saat wawancara meskipun terdapat sedikit kekurangan pada tahap pembentukan pendapat dan tahap pembentukan keputusan. Siswa dengan kecerdasan interpersonal tertinggi kedua (SI2) belum melewati proses berpikir dengan baik karena terdapat indikator yang belum terpenuhi yaitu tahap pembentukan pendapat. Siswa dengan kecerdasan interpersonal tertinggi ketiga (SI3) mampu melewati proses berpikir lebih baik daripada subjek SI1 dan SI2. Hal ini karena SI3 mampu memenuhi indikator proses berpikir pada setiap langkah pemecahan masalah di semua tahap tes tertulis yang diperkuat dengan jawaban-jawabannya pada saat wawancara.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VERONIKA JULI PUTRA SITIO
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:55
Last Modified: 10 Oct 2018 01:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5786

Actions (login required)

View Item View Item