Putri, Bintari Rahmahwani (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Hukum Bisnis.
![]() |
Text
Skripsi_Bintari Rahmahwani Putri (B10019047).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (774kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah 1) untuk memahami dan menganalisis kendala dalam pelaksanaan perlindungan konsumen terhadap pengguna QRIS dalam transaksi e-wallet pada mahasiwa fakultas hukum Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Yuridis Empiris dengan menggunakan metode google form dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hak dan Kewajiban para pihak dalam bertransaksi online terutama QRIS belum terlaksanna sebagaimana mestinya karena ada beberapa konsumen yang dirugikan oleh pihak Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), yang mana pengaduan kendala yang dialami konsumen tidak diselesaikan dengan baik secara materiil maupun imateriil. Sesuai dengan ketentuan tidak terpenuhinya hak-hak konsumen secara adil sesuai dengan ketentuan Pasal 4 huruf a dan d Undang-undang Perlindungan Konsumen. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 Pasal 21 yang menyatakan bahwa Penyelenggara Dompet Elektronik wajib melakukan pelunasan nasabah dompet elektronik dengan cepat sesuai dengan prosedur yang dimilikinya dengan menangani pengaduan yang dilaporkan oleh penggunanya dalam permintaan pengembalian dana. Namun, salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) tersebut melakukan beritikad tidak baik kepada konsumen, dengan melalaikan pengaduan konsumen dan belum terselesaikan dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan kerugian pada konsumen yang telah menghabiskan waktu dan uang mereka, tetapi konsumen tidak pernah melakukan tuntutan atas haknya kepada Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau disebut sebagai pelaku usaha. Kata Kunci : Konsumen, QRIS, PJSP.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:58 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |