Samosir, Natalia Ruthanaya (2023) PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN BPJS DAN UMUM TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJAN-PENGESAHAN.pdf Download (473kB) |
Abstract
Latar Belakang: Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mengakses sumber daya di bidang kesehatan untuk mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatannya. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan, dengan menggunakan persepsi pasien yang sangat berperan dalam menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit harus berorientasi pada kepuasan pasien tanpa membedakan status pasien BPJS atau non BPJS, dengan meningkatkan pelayanan berupa standar keahlian (profesi) untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingga dapat memperoleh kepuasan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pada pihak pemberi layanan melalui pelayanan yang prima. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasi dengan rancangan cross-sectional yang dilakukan di poli rawat jalan Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jambi dengan total 136 responden yang terdiri dari 68 pasien BPJS dan 68 pasien umum. Hasil: Berdasarkan analisa data didapatkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS dan Umum terhadap pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jambi dalam kategori puas dengan 51 responden (75%) pada pasien BPJS dan 48 responden (70,6%) pada pasien umum. Uji beda dengan Mann Whitney U Test didapatkan nilai Asymp.Sig yaitu 0,739 > 0,005. Kesimpulan: Dari 136 responden didapatkan hasil tingkat kepuasan pasien sebagian besar dalam kategori puas dan dari hasil uji beda terlihat tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS dan umum terhadap pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Samosir |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |