IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Suriani, Titi (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.

[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
COVER.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RUANGGURU PADA SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (529kB)

Abstract

Pada observasi awal, peneliti mengetahui bahwa ada beberapa masalah pada kendala penggunaan aplikasi ruang guru oleh siswa-siswi yang menggunakannya, kurangnya memahami maksud dan tujuan aplikasi tersebut dan dengan pencapaian belajar mereka yang belum optimal sehingga mereka memutuskan untuk bergabung dengan bimbingan belajar aplikasi ruang guru. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan indikator penelitian tentang aplikasi apa saja yang terdapat dalam ruang guru yang disesuaikan dengan materi pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi ruang guru memberikan dampak yang positif bagi minat belajar siswa dan peneliti mengetahui apa yang menjadi kekurangan dalam aplikasi ruang guru tersebut sehingga dapat menghambat proses belajar siswa tersebut. Dengan aplikasi dan fitur yang ada di ruang guru diharapkan siswa mampu belajar mandiri dan berlatih soal-soal yang bagus untuk meningkatkan prestasi belajar mereka, namun kendala yang peneliti temukan yaitu pada fitur ruang diskusi yang penindakannya kurang cepat sehingga siswa ketika mengerjakan tugas butuh waktu beberapa lama untuk dapat memperoleh jawaban. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ruang guru sangat efektif untuk belajar mandiri siswa di rumah, karena tanpa memerlukan biaya tambahan untuk transportasi bimbingan keluar rumah, dan efisien terhadap waktu klarena siswa bisa belajar mandiri di rumah bersama smartphone nya masing-masing. Selain itu adapun kendala nya yaitu ada beberapa fitur yang kurang cepat menanggapi atau memberi respon seperti pada fitur ruang diskusi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Suriani
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:50
Last Modified: 13 Dec 2023 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58766

Actions (login required)

View Item View Item