Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Tk B Di Tk/Ra Am-Mentari Kota Jambi.

HELIMSAH. AM, INTAN (2023) Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Tk B Di Tk/Ra Am-Mentari Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (282kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Intan Helimsah. AM, 2023. Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Tk B Di Tk/Ra Am-Mentari Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Nyimas Muazzomi, S.AG., M.Pd. I. (2) Sri Indriani Harianja, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Kooperatif, Perkembangan Sosial Emosional, Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan sosial emosional anak adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain saat berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini berkaitan erat dengan proses perkembangan, sikap dan nilai yang dimiliki anak, serta perolehan kompetensi sosial dan emosional inilah yang akan menjadi modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya sendiri, anak bisa karena mereka beradaptasi dengan kelompok sebaya maupun masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: mengetahui pengaruh permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Jenis penelitian One Grup Pretest- Posttest Desain yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakukan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sample. Subjek yang diambil sebagai sampel benar-benar merupakan subjek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat pada populasi, sehingga sampel yang diambil adalah semua anak di kelas B TK/RA AM-MENTARI dengan jumlah sebanyak 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pemaparan yang telah dilakukan terjadi peningkatan peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak, bisa dikatakan bahwa pada penelitian ini metode permainan kooperatif memberikan pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak pada anak Kelas B di TK/RA AM-MENTARI. Hal ini dikarenakan nilai sig,< lebih kecil 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga yang dapat disimpulkan bahwa permainan kooperatif berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini Kelas B di TK/RA AM-MENTARI.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kooperatif, Perkembangan Sosial Emosional, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: AM
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:07
Last Modified: 14 Dec 2023 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58829

Actions (login required)

View Item View Item