Aslam, Oji Nur (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL TESIS_ OJI NUR ASLAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK _ TESIS OJI NUR ASLAM.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB I _ TESIS OJI NUR ASLAM.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB V _ TESIS OJI NUR ASLAM.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
COVER TESIS OJI.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TESIS OJI NUR ASLAM.pdf Download (391kB) |
Abstract
ABSTRAK Aslam Nur, Oji (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Dr. Mohammad Muspawi,S.Pd.I.,M.Pd.I . Dr. Mulyadi.,S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci : Kepala Sekolah, Kedisiplianan Guru, Kompetensi Profesional Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan profesional guru, mengetahui apa saja kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 11 Muaro Jambi, dan mengetahui apa solusi kepala sekolah dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi yang beralamat di Jl. Lintas Sumatra, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 11 Muaro Jambi sudah berjalan dengan cukup baik, dalam hal kedisiplinan guru kepala sekolah sudah melaksanakan absensi baik secara manual maupun sistem finger secara berkala, lalu semua hal dalam kedisiplinan selalu dirapatkan dibahas dan disepakati secara Bersama-sama. Sedangkan dalam hal kompetensi profesional para guru diberikan kebebesan dan kesempatan oleh kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan seperti Seminar, Workshop, Training, PPG, IHT, KKG, MGMP dan jenis kegiatan lainnya yang dapat menunjang karir dan meningkatkan kompetensi profesional guru tersebut. Kendala kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru yaitu guru memang ada karakter yang sering terlambat, guru acuh tak acuh, sedangkan kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu guru kurang motivasi dan dukungan dalam mengikuti kegiatan tersebut dan terkadang juga berbenturan jam mengajar dan jam mengikuti kegiatan pelatihan. Solusi kepala sekolah dalam menyikapi kendala tersebut yaitu diantaranya memberikan teguran kepada guru, menyiapkan monitoring buku pembinaan guru, memberikan punishment terhadap guru dan yang terakhir selalu senantiasa memberikan motivasi, dukungan dan arahan kepada guru untuk senantiasa terus mau belajar dan mengembangkan dirinya untuk kemajuan sekolah.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kepala Sekolah, Kedisiplianan Guru, Kompetensi Profesional Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | OJI NUR ASLAM |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:15 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |