Meri, Meri (2024) Evaluasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Meri.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Meri.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Cover Meri.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING dan Pengesahan .pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Meri.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING dan Pengesahan .pdf Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sebuah sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode evaluasi yang digunakan adalah metode evaluasi konteks, input, proses dan produk (CIPP). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif antara pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini akan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber serta member checking untuk memastikan keabsahan data. Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa berdasarkan konteks kepala sekolah menggerakkan GLS untuk meningkatkan minat baca murid, terutama karena rendahnya minat baca dan minimnya program dan fasilitas literasi di sekolah. Untuk meningkatkan efektivitas Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sekolah perlu mengintegrasikan visi misi guna memberikan motivasi kepada guru dan murid. Selain itu, perlu dilakukan pembentukan Tim Literasi Sekolah (TLS) dan pengembangan Standar Operating Procedure (SOP) terkait literasi, serta optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana. Dalam prosesnya, diperlukan perbaikan konsistensi pelaksanaan kegiatan membaca. Evaluasi oleh guru dan kepala sekolah harus dilakukan secara rinci dan terdokumentasi untuk menjadi dasar analisis kemajuan murid. Guru juga perlu meningkatkan kreativitas dalam mencari media pembelajaran, serta memberikan pendampingan pribadi kepada murid untuk mengenali gaya belajar mereka, sehingga produk yang dihasilkan dapat mencapai hasil maksimal. Meskipun terdapat peningkatan nilai akademik dalam rentang waktu pelaksanaan GLS, produk yang dihasilkan belum sepenuhnya mencapai tujuan utama GLS, yakni membangkitkan minat baca dan menciptakan ekosistem literat. Oleh karena itu, sebaiknya program ini tetap berlanjut dengan melakukan perbaikan sesuai dengan indikator yang belum terpenuhi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Konteks Input Proses Produk, Literasi, Metode Evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Meri |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:37 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |