Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Kinerja Guru Program Sekolah Penggerak di SMAN 15 Tanjung Jabung Barat

Martanti, Retno (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Kinerja Guru Program Sekolah Penggerak di SMAN 15 Tanjung Jabung Barat. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER TESIS RETNO MARTANTI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Abstrak-Retno Martanti.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab V-Retno Martanti.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Bab I-Retno Martanti.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Retno Martanti.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Tesis Full-Retno Martanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Hal Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (611kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Program Sekolah Penggerak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah, kendala yang dialami serta solusi yang dilakukan dalam membina kinerja guru program sekolah penggerak di SMA Negeri 15 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Tanjung Jabung Barat, yang beralamat Jl. Silaturahmi KM 04 Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Dilanjutkan analisis data menggunakan analysis interactif model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam upaya membina kinerja guru diantaranya adalah : 1) Kepala sekolah melaksanakan kegiatan Diklat Tindak Lanjut, 2) Kepala sekolah mengadakan kegiatan IHT, 3) Kepala sekolah menggunakan layanan Bimbingan Konseling, 4) Kepala sekolah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, 5) Kepala sekolah menggunakan pelatihan mandiri belajar berbasis PMM, 6) Kepala sekolah aktif menghidupkan komunitas belajar, 7) Kepala sekolah meminta guru untuk terus update ilmu pengetahuan dan tekhnologi terbaru agar bisa menyesuaikan dengan pembelajaran di sekolah. Kendala kepala sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap kinerja guru adalah : 1) Guru masih berada di zona nyaman dengan membuat modul ajar copy paste saja, 2) Guru masih memakai metode ceramah dalam pembelajaran berdiferensiasi, 3) Keterbatasan sarana prasarana dan listrik di sekolah, 4) Tidak semua guru memiliki laptop, 5) Waktu guru yang kadang berbenturan dengan jam mengajar, 6) Rasa malas yang kadang masih timbul di dalam guru sehingga harus dihilangkan. Solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi beberapa kendala adalah : 1) Guru dibimbing dan dilakukan secara bersinergi satu sama lainnya, 2) Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dan sharing antar guru untuk memecahkan masalah, 3) Menyediakan genset apabila listrik mati, 4) Menggunakan dengan bijak dana BOS untuk pembelian sarana prasarana yang masih kurang di sekolah, 5) Membagi waktu dengan baik antar guru, 6) Memotivasi para guru untuk terus bersemangat.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Program Sekolah Penggerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: RETNO MARTANTI
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:07
Last Modified: 08 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59630

Actions (login required)

View Item View Item