Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri Kota Jambi

Puspita, Eti and Muspawi, Mohamad and Aprillitzavivayarti, Aprillitzavivayarti Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri Kota Jambi. Repository.

[img] Text
TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (185kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS_ETI PUSPITA (P2A222001).pdf

Download (407kB)

Abstract

Puspita, Eti (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan Di SMA Negeri Kota Jambi. Dr. Mohammad Muspawi,S.Pd.I.,M.Pd.I Dr. Dra. Hj. Aprilitzavivayarti, M.M Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala sekolah, Iklim Sekolah, Budaya Organisasi, Mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengetahui, serta meneliti, gambaran pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan budaya organisasi terhadap mutu pendidikan di SMA Negeri Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di 1. SMA Negeri 12 Kota jambi, yang beralamat di Jalan Kapten Pattimura Kel. Kenali Besar Kec. Alam Barajo, Kota Jambi dan SMA Negeri 13 Kota Jambi yang beralamat di Jalan Sersan Udara Syawal, RT 03, No 104 Talang Bakung Kec. Paal Merah, Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumen. Dilanjutkan analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan aplikasi SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan sehingga hipotesis pertama diterima, hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses yang mengandung unsur mempengaruhi, adanya kerjasama dan mengarah pada suatu hal dan tujuan bersama dalam sebuah organisasi hal ini dikarenakan kepemimpinan mempunyai peranan sentral dalam dinamika kehidupan organisasi. Selanjutnya Iklim sekolah berpengaruh terhadap signifikan mutu pendidikan sehingga hipotesis kedua diterima, hal ini menunjukkan bahwa iklim sekolah yang baik akan memberikan dorongan kuat bagi guru dan siswa untuk menghasilkan mutu pembelajaran yang baik sedangkan iklim sekolah yang kurang baik akan menyebabkan guru kurang antusias dalam bekerja dan siswa menjadi malas dalam pembelajaran sehingga mutu pembelajaran akan kurang maksimal. Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan sehingga hipotesis ketiga diterima, ini menunjukkan bahwa saat ini, budaya organisasi sekolah sangat penting bagi pengembangan sekolah, khususnya dalam hal kualitas pendidikan. budaya organisasi menumbuhkan kebiasaan akademik yang menonjolkan karakteristik karakter guru, siswa dan lingkungan akademik, maka mutu pendidikan akan menjadi yang terbaik, dan Kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan budaya organisasi berpengaruh bersama-sama terhadap mutu pendidikan sehingga hipotesis diterima, Kepala sekolah merupakan peranan ataupun tokoh yang begitu tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan, dimana kepala sekolah menjadi salah satu yang menentukan kebijakan pada sekolah dan juga penggerak sehingga mutu pendidikan yang menjadi tujuan pendidikan dapat tercapai. Meningkatkan mutu pendidikan yang efektif dan efisien juga dapat diperhatikan dari iklim sekolah. Upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan juga bisa dilihat dari keefektifan budaya organisasi sekolah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Eti Puspita
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:49
Last Modified: 09 Jan 2024 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59785

Actions (login required)

View Item View Item