PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL

Dwi Sakti, Andrika (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI Andrika Dwi Sakti (A1C118025) .pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Sakti, A.D. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol : Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd., (II) Ibu Aulia Sanova, S.T. Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Konsep Mol Dalam proses pembelajaran motivasi belajar dapat diartikan sebagai suatu dorongan atau kemauan seseorang untuk melakukan aktivitas belajar agar prestasi belajar dapat dicapai secara optimal Sudah barang tentunya dalam proses pembelajarna motivasi sangat diperlukan terutama untuk mencapai tujuan pembelajaran termasuk perkembangan anak secar kognitif afektif dan psikomotor dalam bentuk hasil belajar yang optimal. Adapun salah satu model yang dapat menjadi alternatif pada kondisi tersebut yaitu Teams Games Tournament (TGT). Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif dimana didalamnya terdapat komponen pembelajaran yang di kemas dalam bentuk permainan yang terdiri dari kelompok-kelompok siswa yang melakukan turnamen akademik maupun kuis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan Teams Games Tournament (TGT) Motivasi Belajar peserta didik pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental dengan bentuk desain penelitian yaitu Non Equivalent Control Group Design. Kelas kontrol menggunakan metode Konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab, sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Instrumen penelitian berupa kuis, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar angket siswa Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil rata-rata nilai kuis dikelas kontrol diperoleh 70,65 dan kelas eksperimen diperoleh 75,14. Selanjutnya dilakukan uji Liliofers dan diperoleh Lhitung < Ltabel sehingga data berdisribusi normal. Kemudian dilakukan uji Fisher dan diperoleh data homogen yang dibuktikan dari nilai Fhitung > Ftabel. Adapun hasil uji t dengan taraf nyata

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sakti
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:09
Last Modified: 10 Jan 2024 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59807

Actions (login required)

View Item View Item