Naratif Inkuiri: Kendala dan Strategi Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Internasional Universitas Jambi

Tiara, Alma and Harjono, Hary Soedarto and Abrar, Mukhlash (2024) Naratif Inkuiri: Kendala dan Strategi Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Internasional Universitas Jambi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS ALMA 09012024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami kisah-kisah pengalaman berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Internasional selama mereka studi di universitas Jambi. Lebih khusus lagi, penelitian ini dimaksudkan untuk memahami kendala dan strategi mereka untuk mengatasi tantangan dalam berbicara bahasa Indonesia dalam konteks umum. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode penelitian naratif digunakan. Dua mahasiswa Internasional program sarjana berpartisipasi dalam penelitian ini dan berbagi pengalaman belajar bahasa Indonesia sebelum dan selama belajar di Indonesia. Temuan dari penelitian ini menunjukkan terdapat enam kendala berbicara yang dihadapi mahasiswa internasional saat berbicara bahasa Indonesia adalah: (1) keterbatasan kosakata, (2) variasi tata bahasa, (3) kesulitan melafalkan fonem tertentu, (4) ketidaksesuaian pembelajaran, (5) kesulitan mengatur waktu belajar bahasa, dan (6) keterbatasan pemahaman budaya berbahasa.Untuk menghadapi kendala tersebut, para partisipan mengkombinasikan strategi komunikasi dan strategi kognitif tersebut kedalam beberapa model berikut ini: (1) parafrasa, (2) peminjaman atau borrowing, (3) campuran b1 dan b2 atau code switching, (4) koneksi mendengarkan dan berbicara, (5) peningkatan interaksi sosial, (6) pengulangan dan latihan berbasis kontekstual, (7) pemahaman budaya, dan (8) percakapan internal atau self talk. Penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing mahasiswa internasional mengalami kendala dalam berbicara bahasa Indonesia. Perbedaan ini disebabkan karena setiap partisipan memiliki pengalaman belajar bahasa yang berbeda-beda sebelumnya, memiliki preferensi belajar dan gaya komunikasi yang berbeda.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berbicara, kendala berbicara, mahasiswa internasional, strategi berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Alma Tiara
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:15
Last Modified: 10 Jan 2024 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item