Ramadanti, Sintia (2023) Analisi Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xl SMA Negri 8 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB l 1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ramadanti, Sintia. 2023.Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Di SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. (2) Dr. Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. Kata kunci: Analisis, Kesantunan Berbahasa, Maksim Penelitian berjudul Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Proses Belajar Mengajar Siswa SMA bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesantunan berbahasa guru dan siswa yang ada di SMAN 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah guru dan siswa di SMAN 8 Muaro Jambi. Data dalam penelitian adalah tuturan-tuturan yang didapat selama proses pembelajaran berlangsung yang dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip sopan santun menurut leech. Data dianalisis melalui triangulasi teori dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan guru Bahasa Indonesia dalam mengajar Bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi sudah santun yang terbukti dari pematuhan maksim kesantunan barbahasa. Namun tuturan siswa kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran Bahasa Indonesia belum santun yang terbukti dari banyak pelanggaran maksim kesantunan berbahasa yang dilanggar siswa selama proses pembelajaran berlangsung baik pada guru maupun sesama siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesantunan Berbahasa, Maksim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAMADANTI |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:20 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |