Salimah, Hafshah (2024) DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BRAIN - BASED LEARNING BERBANTUAN EDPUZZLE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi, hal ini didasari atas pernyataan pendidik saat dilakukan wawancara oleh peneliti bahwa kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya pada bidang geometri yang sangat membutuhkan media pembelajaran yang bisa memvisualisasikan dengan baik. Kemampuan literasi numerasi siswa dapat didukung melalui rancangan pembelajaran dengan menerapkan video pembelajaran yang menggunakan model brain-based learning dan bantuan edpuzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran dan untuk mendeskripsikan kualitas dari video pembelajaran berbasis brain-based learning berbantuan edpuzzle pada materi garis singgung lingkaran untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika SMP Negeri 25 Kota Jambi, serta siswa kelas VIII C SMP Negeri 25 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain video pembelajaran berbasis brain- based learning berbantuan edpuzzle pada materi garis singgung lingkaran untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa sesuai dengan tahapan pada model pengembangan ADDIE yang menghasilkan sebuah video pembelajaran serta sesuai dengan kriteria kualitas suatu produk, yakni: 1) kriteria valid dengan kevalidan materi 90% (sangat valid) dan kevalidan desain 92% (sangat valid); 2) kriteria praktis dengan persentase kepraktisan video pembelajaran oleh guru 96% (sangat praktis) dan kepraktisan video pembelajaran oleh siswa 90,09% (sangat praktis); 3) kriteria efektif dengan persentase keefektifan video pembelajaran sebesar 90% (sangat efektif) dan nilai tes kemampuan literasi numerasi siswa terdapat lebih dari 75% siswa yang memperoleh minimal berkriteria tinggi, maka video pembelajaran berbasis brain-based learning berbantuan edpuzzle dapat mendukung kemampuan literasi numerasi siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Brain-Based Learning, Edpuzzle, Garis Singgung Lingkaran, Literasi Numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SALIMAH |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:47 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |