PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI T.A 2017/2018

SOBIRIN, SOBIRIN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI T.A 2017/2018. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI T.A 2017/2018.

[img] Text
cover dak ado halaman.doc

Download (83kB)
[img] Text
halaman pengesahan.docx

Download (18kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Sobirin . 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Ips 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA., M.Si. (II) Dra. Refnida ME Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe TGT, Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya aktivitas belajar siswa, karena guru menggunakan model yang monoton sehingga siswa dikelas menjadi tidak aktif. Salah satunya adalah penggunaan Model ceramah. Model ceramah adalah salah satu model pembelajaran konvensional yang paling populer dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain yang dipakai dalam peneitian ini adalah Nonequivalent Pretest-Postest design populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi T.A 2017/2018 dan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 3 yang menggunakan true eksperimental design dengan desain control group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-observasi/observasi awal (sebelum perlakuan) dan post-observasi/observasi akhir (setelah perlakuan) Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok siswa eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT memperoleh nilai rata-rata 32,05 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa kelas control yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe JIGSAW sebesar 28,12. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan Uji t sebesar 3,51 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai ttabel 1,66. Dengan demikian thitung > ttabel atau 3,51 > 1,66 dapat disimpulkan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT lebih tinggi dari pada peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe JIGSAW. Saran dalam penelitian ini guru ekonomi sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT agar aspek afektif siswa bisa meningkat, tidak hanya kognitifnya saja yang baik. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna untuk peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SOBIRIN
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:08
Last Modified: 19 Nov 2018 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item