PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI

Tambunan, Qusayri Al Farisi (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Skripsi_Qusayri Al Farisi Tambunan.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tambunan, Q., A., F., 2023. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Fuldiaratman, M.Pd (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Pendekatan Saintifik, Laju Reaksi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kota Jambi dalam memahami konsep materi laju reaksi yang disebabkan oleh materi yang bersifat abstrak, kurangnya minat peserta didik pada materi laju reaksi dan penggunaan media yang kurang menarik dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Multimedia Pembelajaran Interaktif Barbantuan Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Lajur Reaksi yang dikembangkan layak secara konseptual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development dengan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan angket. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi serta dinilai oleh guru bidang studi kimia yang selanjutnya diuji cobakan pada uji coba perorangan dan uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan masing masing rerata skor penilaian sebesar 4,5 (sangat baik) dengan persentase 90% ; 4,7 (sangat baik) dengan persentase 95%. Kemudian berdasarkan penilaian dan tanggapan guru diperoleh rerata skor sebesar 4,6 (sangat baik) dengan persentase 92% dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan ke peserta didik. Pada tahap uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil memperoleh respon yang sangat baik dengan masing-masing persentase respon peserta didik sebesar 92% pada uji coba perorangan dan 91,2% pada uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini sangat baik dan layak secara konseptual pada pembelajaran kimia materi laju reaksi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Pendekatan Saintifik, Laju Reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Tambunan
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:47
Last Modified: 18 Jan 2024 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60774

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item