Wati, Susila (2024) Analisis Kesalahan Berbahasa Penggunaan Ejaan dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (3).pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL SUSILA WATI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Wati, Susila. 2024. Analisis Kesalahan Berbahasa Penggunaan Ejaan dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand Universitas Jambi. Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Dr. Priyanto, S.Pd., M.Pd., C.Ed Kata kunci: Ejaan, Kesalahan Berbahasa,Teks Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa penggunaan ejaan dalam teks akademik mahasiswa Thailand Universitas Jambi. Selanjutnya, untuk mengetahui kendala-kendala mahasiswa Thailand terkait menulis teks akademik menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang berpedoman pada Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah teks akademik mahasiswa Thailand Universitas Jambi. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan penulisan unsur serapan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu 1) pemberian tugas dan 2) wawancara kepada mahasiswa asing. Hasil penelitian ini adalah terdapat kesalahan berbahasa dalam penggunaan ejaan dalam teks akademik mahasiswa asing. Kesalahan penggunaan ejaan yang ditemukan adalah kesalahan penggunaan huruf merupakan kesalahan yang paling banyak ditemukan, diikuti oleh kesalahaan penggunaan tanda baca yang juga banyak ditemukan. Selanjutnya kesalahan penulisan kata dan kesalahan penulisan unsur serapan juga ditemukan dalam teks akademik mahasiswa asing. Selanjutnya, hasil wawancara menunjukan ada kendala mahasiswa asing dalam menulis teks akademik menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang berpedoman pada Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kendala yang dihadapi mahasiswa asing adalah perbedaan ejaan bahasa Indonesia dengan bahasa Thailand/bahasa pertama mahasiswa asing. Kendala selanjutnya adalah kurangnnya pemahaman mahasiswa asing mengenai ejaan bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini diharapkan ada solusi untuk mengatasi kesalahan berbahasa serta kendala-kendala mahasiswa asing terkhusus dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang berpedoman pada Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Hasil penelitian ini juga dapat menjadi rujukan, menjadi bahan pertimbangan diadakannya kelas formal Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) yang lebih baik lagi dan berkelanjutan. Wati, Susila. 2024. Analysis of Language Errors in the Use of Spelling in Academic Texts of Thai Students at Jambi University. Thesis, Indonesian Language and Literature Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisor: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Dr. Priyanto, S.Pd., M.Pd., C.Ed Keywords: Spelling, Language Errors, Academic Text This research aims to describe the forms of language errors in the use of spelling in the academic texts of Thai students at Jambi University. Next, to find out the obstacles Thai students have regarding writing academic texts using Indonesian spelling which is guided by Enhanced Spelling (EYD). This research uses a qualitative research method with a content analysis approach. The data source in this research is the academic texts of Thai students at Jambi University. The data in this study are spelling errors which include errors in the use of letters, errors in writing words, errors in the use of punctuation marks, and errors in writing absorption elements. Data collection in this research used two techniques, namely 1) giving assignments and 2) interviews with foreign students. The results of this research are that there are language errors in the use of spelling in foreign students' academic texts. Spelling errors found were errors in the use of letters which were the most frequently found, followed by errors in the use of punctuation which were also frequently found. Furthermore, errors in writing words and errors in writing absorption elements were also found in foreign students' academic texts. Furthermore, the interview results show that there are obstacles for foreign students in writing academic texts using Indonesian spelling which is guided by Enhanced Spelling (EYD). The obstacle faced by foreign students is the difference in the spelling of Indonesian and Thai/the first language of foreign students. The next obstacle is foreign students' lack of understanding of Indonesian spelling. From the results of this research, it is hoped that there will be a solution to overcome language errors and obstacles for foreign students, especially in the use of Indonesian spelling which is guided by Enhanced Spelling (EYD). The results of this research can also be used as a reference, as material for consideration in holding formal classes for Indonesian Foreign Speakers (BIPA) that are better and more sustainable.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ejaan, Kesalahan Berbahasa,Teks Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | WATI |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 06:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 06:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |