Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Nelyahardi, Nelyahardi and yusra, affan (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL MARTIA FOTRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hal-hal seperti metode pembelajaran yang digunakan guru tidak disukai oleh peserta didik, media pembelajaran yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran, serta saat mengajar guru terlalu monoton sehingga peserta didik cepat merasa bosan dan tidak bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas strategi pembelajaran dan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan kejenuhan belajar siswa. Kejenuhan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kejenuhan belajar yang disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa(internal) seperti merasa bosan,keletihan,kehilangan motivasi. Dan faktor dari luar diri siswa (eksternal) seperti siswa berada pada situasi kompetitif yang ketat,durasi belajar yang panjang, dan pelajaran yang berat diterima oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto yaitu penelitian yang mengukur tentang akibat suatu perlakuan yang tidak dilakukan oleh peneliti,tetapi telah ada sedemikian rupa yang mungkin dilakukan oleh pihak lain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 207 orang siswa. Data pada penelitian ini di dapatkan dari hasil instrument yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas strategi pembelajaran berada dalam kategori “baik” dengan persentase sebesar 74,41%. Tingkat kejenuhan belajar siswa yang berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 67,54%. Penelitian ini memperlihatkan hasil pengolahan analisis data pada koefisien determinasi sebesar 0,009 atau 0,9% dengan kriteria penafsiran pengaruh persial determinasi berada pada kategori “rendah tapi pasti” . Kemudian Sig. pada deviation from linearity yaitu 0,397 > 0,05 yang diartikan bahwa variabel X terhadap variabel Y memiliki hubungan yang linear namun strategi pembelajaran (X) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kejenuhan belajar (Y).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kejenuhan belajar, strategi pembelajaran, kejenuhan belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FOTRIANI
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:04
Last Modified: 10 Jul 2024 08:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61524

Actions (login required)

View Item View Item