ANALISIS MINAT BELAJAR PENJAS PADA SISWA MTS NEGERI 1 MERANGIN

kurniawan, heru (2024) ANALISIS MINAT BELAJAR PENJAS PADA SISWA MTS NEGERI 1 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIP. HERU SIDANG 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
IMG-20240313-WA0003.pdf

Download (36kB)
[img] Text
IMG-20240313-WA0002-1.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, karena untuk meningkatkan kebugaran siswa, sehingga siswa tidak hanya memperoleh mata pelajaran secara teori saja, tetapi juga memperoleh mata pelajaran secara gerak fisik. Akan tetapi, saat ini banyak sekali siswa yang terlihat kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Penjas, seperti anak terlihat malas, kurang bersemangat dan merasa tidak senang untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan Penjas. Tujuan dari adanya pembelajaran Penjas di sekolah adalah untuk meningkatkan kebugaran siswa, sehingga siswa tidak hanya memperoleh mata pelajaran secara teori saja, tetapi juga memperoleh mata pelajaran secara gerak fisik. Agar tujuan dari pembelajaran Penjas tersebut dapat tercapai dengan baik, maka diperlukan adanya minat dari siswa untuk mengikuti proses pembelajaran Penjas dengan sungguh-sungguh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan taraf 10% sehingga terpilih sampel 85 siswa MTs Negeri 1 Merangin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tanggapan siswa terhadap perasaan senang ketika belajar penjas adalah 10 dan kategori tinggi, indikator ketertarikan siswa adalah 6 dengan kategori sedang, indikator perhatian siswa dalam belajar penjas adalah 7 dan berada pada kategori tinggi, serta indikator keterlibatan siswa adalah 6 dan berada pada kategori sedang. Dari keempat indikator tersebut maka minat belajar Penjas siswa MTS Negeri 1 Merangin adalah 30, sehingga minat belajar Penjas berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar penjas pada siswa MTs Negeri 1 Merangin berada pada kategori tinggi, dimana indikator perasaan senang dan perhatian siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan indikator ketertarikan siswa dan keterlibatan berada pada kategori sedang

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: kurniawan
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:59
Last Modified: 13 Mar 2024 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61890

Actions (login required)

View Item View Item