Oktavia, Sri Wina (2024) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Literasi Digital Peserta Didik pada Materi Dinamika Gerak Lurus di SMA Negeri Alam Barajo. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Sri Wina Oktavia_A1C320068.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik materi dinamika gerak lurus di SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI F4 SMAN 11 Kota Jambi dan kelas XI F5 SMAN 12 Kota Jambi dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen pengumpul data menggunakan tes soal essay kemampuan beprikir kritis, lembar observasi keterampilan proses sains dan lembar angket literasi digital peserta didik pada materi energi terbarukan. Analisis data menggunakan statistic inferensial. Dalam penelitian ini analisis data dibantu oleh aplikasi IBM SPSS 26. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear berganda yaitu ditolaknya H0 dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik materi dinamika gerak lurus di SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Adapun sumbangsih pengaruh variabel kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital sebesar 44,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi tingkat kemampuan berpikir dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik adalah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik materi dinamika gerak lurus di SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Kata kunci: Fisika, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Literasi Digital, Pengaruh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OKTAVIA |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:44 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |