HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEPATUHAN SISWA DI KELAS IV SDN 55/1 SRIDADI

ISMUNANDAR, NANANG HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEPATUHAN SISWA DI KELAS IV SDN 55/1 SRIDADI. JURNAL HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEPATUHAN SISWA DI KELAS IV SDN 55/1 SRIDADI.

[img] Text
COVER.docx

Download (117kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (802kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Ismunandar, Nanang. 2018. Hubungan Pemberian Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Kepatuhan Siswa di Kelas IV Kelas IV SDN No.55/1 Sridadi Tahun Pelajaran 2017/2018, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Yantoro, M.Pd; (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: motivasi belajar, kepatuhan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penulis dalam melakukan praktek pengalaman lapangan (PPL) di sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Pada saat melakukan kegiatan tersebut penulis berpandangan bahwa berpandangan bahwa motivasi belajar yang kita tumbuhkankembangkan pada para siswa juga harus berhubungan dengan sikap kepatuhan mereka terhadap rutinitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan untuk mengetahui hubungan antara pemberian motivasi belajar dengan tingkat kepatuhan siswa di Kelas IV SDN No.55/1 Sridadi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV SDN No.55/1 Sridadi Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan Kuisioner kepada siswa (sebagai data utama), wawancara dengan kepala sekolah serta wali kelas IV (sebagai data penunjang), observasi atau mengamati langsung ke kelas (sebagai data penunjang). Setelah kuisioner dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang ditunjukkan bahwa pemberian motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri No.55/1 Sridadi memiliki nilai mean sebesar 84,92 dan masuk dalam kategori tinggi. Tingkat kepatuhan siswa siswa kelas IV SD Negeri No.55/1 Sridadi memiliki nilai mean sebesar 71,92 dan masuk dalam kateogri tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian motivasi belajar dengan tingkat kepatuhan siswa di kelas IV SD Negeri No.55/1 Sridadi. Dengan demikian kedua hal tersebut dapat dikatakan searah, sehingga ada hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Hal ini dibuktuikan dengan hasil analisis data didapat r hitung sebesar 0,437. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kepatuhan siswa dapat ditingkatkan salah satunya dengan cara meningkatkan pemberian motivasi belajar siswa. Pemberian motivasi belajar kepada siswa dapat dilakukan dengan cara menanamkan kesadaran kepada siswa untuk mengotimalkan kegiatan belajar, memberi penghargaan atau hadiah kepada siswa yang berprestasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NANANG ISMUNANDAR
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:44
Last Modified: 06 Dec 2018 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item