Al'Fadiyah, Lola (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM RUJUK BALIK (PRB) PADA PASIEN PENYAKIT KRONIS DI PUSKESMAS OLAK KEMANG KOTA JAMBI TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
Abstract
Latar Belakang : Program Rujuk Balik (PRB) menjadi program unggulan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan dan mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis dan puskesmas yang berfungsi sebagai fasilitator rujukan pasien, seringkali menerima rujukan balik pasien FKTRL, namun tidak semua puskesmas menggunakan program rujukan secara optimal dan menyebabkan jumlah Peserta PRB yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisis dari implementasi Program Rujuk Balik (PRB) Pada Pasien Penyakit Kronis di Puskesmas Olak Kemang Kota Jambi Tahun 2023 Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi analitik dengan jumlah 6 informan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi yang menjadi penguat dari hasil wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan software NVivo dan triangulasi sumber dan metode untuk mengeneralisasi data. Hasil : Aspek input (1) Man belum optimal karena masih kurangnya tenaga pengelola program PRB serta material yang wajib belum semuanya memadai, machines masih perlu untuk diperbanyak seperti komputer untuk pelayanan yang lebih optimal dan pemasaran program PRB dilakukan melalui Word of Mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Aspek process (2) Alur pendaftaran peserta PRB dibantu petugas dan diberikan SRB dari FKTRL lalu ke FKTP dengan kondisi stabil, sedangkan surat ejibilitas juga dapat dilihat dari bukti kepesertaan bpjs kesehatan, hanya saja petugas kurang memahami bentuk surat eljibilitas Kesimpulan : Aspek input bermasalah seperti kurangnya man, material dan machines menyebabkan aspek process terganggu seperti kurang optimalnya kinerja pengelola PRB dalam memberikan pelayanan program PRB Kata Kunci: Implementasi, PRB, Penyakit Kronis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, PRB, Penyakit Kronis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Al'Fadiyah |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:52 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |