APRILLIANSYAH, ALDINA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Download (11MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
HAL JUDUL DAN COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (525kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
DAPUS.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Aprilliansyah, Aldina. 2024. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Sistem Peredaran darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: multimedia interaktif, articulate storyline 3, pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar, (2) mengetahui tingkat validitas dari multimedia interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar, (3) mengetahui tingkat kepraktisan dari multimedia interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 182/I Hutan Lindung, Kec. Muara Bulian, Kab. Batanghari, Jambi pada Januari-Februari 2024. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, kuesioner validasi bahasa, materi, dan media serta kuesioner kepraktisan guru dan peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar yang dapat digunakan menggunakan komputer/laptop secara offline tanpa memerlukan jaringan internet. Tingkat validitas produk diperoleh dari penilaian oleh tim ahli, yaitu validasi bahasa memperoleh penilaian akhir 4,4 dengan kategori “sangat valid”, validasi materi 4,3 dengan kategori “sangat valid”, dan validasi media 4,5 dengan kategori “sangat valid”. Tingkat kepraktisan produk diperoleh dari penilaian kuesioner respon guru sebesar 4,7 dengan kategori “sangat praktis” dan respon peserta didik sebesar 4,6 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan perolehan penilaian akhir data validitas dan kepraktisan, multimedia interaktif yang peneliti kembangkan layak digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. This article aims to present the process of developing a web-based interactive multimedia product using Articulate Storyline 3. This development study adopts the DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) development model. The content included in this interactive multimedia is the learning of Science, specifically the Human Circulatory System, for fifth-grade elementary school students. In assessing the feasibility and practicality of the produced product, assessment instruments were used, employing questionnaires. This interactive multimedia is deemed suitable for testing based on the analysis of validation data: language validation scored 4.4, categorized as "highly valid"; content validation scored 4.3, also categorized as "highly valid"; and media validation scored 4.5, categorized as "highly valid". The practicality of the product can be determined through testing with teachers and students. The first test with fifth-grade teachers received a score of 4.7, categorized as "very practical". The second test with a small-scale group of students received a final score of 4.6, categorized as "very practical". Lastly, a large-scale test with students also received a final score of 4.6, categorized as "very practical". Based on the results above, the interactive multimedia produced by the researcher is deemed suitable for use and can be utilized in the learning process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, articulate storyline 3, pembelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Aprilliansyah |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 02:40 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 02:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |