pengembangan buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis pada siswa SMP/MTs

islamiya, imamatul (2024) pengembangan buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis pada siswa SMP/MTs. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
SKRIPSI IMAMATUL ISLAMIYA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
abstrak skripsi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)

Abstract

Islamiya, Imamatul. 2023. Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Augmented Reality Menggunakan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Siswa SMP/Mts. Skripsi, Jurusan Pendiidkan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Dewi Iriani, M. Pd (II) Novferma, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Buku Saku Matematika, Augmented Reality, Pjbl, Literasi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning dan untuk mendeskripsikan kelayakan buku saku matematika berbasis augmented reality menggunakan project based learning ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pentingnya pembelajaran matematika dalam struktur kurikulum maka pengajarannya bukan hanya sekedar untuk berhitung tetapi menekankan pada pola berpikir peserta didik agar dapat memecahkan masalah secara kritis, logis kreatif dan teliti. Salah satu kemampuan matematis yang penting dimilikioleh peserta didik yaitu kemampuan literasi matematis. Dalam mendukung kemampuan literasi matematis dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar peserta didik mudah dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan literasi matematis yaitu model pembelajara project based learning dengan menggunakan teknologi augmented reality. Pembelajaran dengan menggunakan teknologi augmented reality mampu membantu peserta didik memvisualisasikan suatu objek berbentuk 3D kedalam dunia nyata. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa buku saku matematika yang dikembangkan menggunakan aplikasi canva, isi materi bangun ruang sisi lengkung pada buku saku berbasis augmented reality menggunakan project based learning dan tahapan kemampuan literasi matematis. Buku bsaku dikembangkan sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE serta kualitas dari buku saku ditinjau dari kevalidan dari segi materi yaitu 83% (sangat valid) dan dari aspek desain adalah 88,23% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 93,33% (sangat praktis) dan kepraktisan oleh peserta didik 82,39% (sangat praktis) dan tingkat keefektifan dilihat dari hasil angket respon peserta didik yaitu 86% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes literasi matematis (pre-test) 22,58 dan (post-test) 81,22 dengan demikian dapat diketahui bahwa kemamuan literasi matematis peserta didik kelas IX. I SMP Negeri 14 Kota Jambi meningkat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ISLAMIYA
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:07
Last Modified: 04 Apr 2024 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62729

Actions (login required)

View Item View Item