Intan MD, Nur Cahaya (2024) Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kecamatan Rantau Rasau Kabuapten Tanjung JabungTimur. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi_Nur Cahaya Intan MD_D1B019140.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I_Skripsi.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB V_Skripsi.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Skripsi.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BISMILLAH FIKS_Skripsi_Nur_Cahaya_Intan_MD_D1B019140 (3) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
BISMILLAH FIKS_Skripsi_Nur_Cahaya_Intan_MD_D1B019140 (3) (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan gambaran umum pemasaran kedelai di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 2) Untuk menganalisis efisiensi pemasaran berdasarkan nilai margin, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya yang diterima pada masing-masing saluran pemasaran kedelai di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Desa Bandar Jaya, Desa Marga Mulya dan Desa Harapan Makmur. Jumlah sampel petani yang digunakan dari ketiga desa tersebut adalah sebanyak 42 orang petani. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2023. Metode pengumpulan data terdiri dari data primer dan sekunder dengan analisis kuantitatif menggunakan metode analisis margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat 2 saluran pemasaran kedelai di Kecamatan Rantau Rasau yaitu, saluran I terdiri dari petani-pedagang besar kabupaten-industri tahu dan tempe dan saluaran II terdiri dari petani-pedagang pengumpul desa-pedagang pengumpul kecamatan-pedagang besar kabupaten-industri tahu dan tempe. 2) Saluran pemasaran I memiliki total margin pemasaran Rp.1.766/kg, nilai farmer’s share 88,04%, dan nilai rasio keuntungan dan biaya Rp150/kg. Saluran pemasaran II memiliki total margin pemasaran Rp5.333/kg, nilai farmer’s share 64,44% dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya yaitu Rp230/kg. Kedua saluran pemasaran yang berada di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur sama-sama memberikan keuntungan. Namun secara ekonomis saluran pemasaran I menjadi yang lebih efisien dibanding saluran pemasaran II. Hal tersebut disebabkan karena semakin rendahnya margin pemasaran, maka semakin tingginya bagian harga yang diterima oleh petani dan semakin pendeknya saluran pemasaran maka akan semakin efisien. Kata Kunci: Efisiensi, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Kedelai ABSTRACT The objectives of this research are 1) To describe the general picture of soybean marketing in Rantau Rasau District, East Tanjung Jabung Regency. 2) To analyze marketing efficiency based on margin value, farmer's share and profit to cost ratio received in each soybean marketing channel in Rantau Rasau District, East Tanjung Jabung Regency. The method for determining the research area was carried out purposively in Bandar Jaya Village, Marga Mulya Village and Harapan Makmur Village. The number of farmer samples used from the three villages was 42 farmers. This research was carried out from September to October 2023. The data collection method consisted of primary and secondary data with quantitative analysis using marketing margin analysis methods, farmer's share, profit to cost ratio and marketing efficiency analysis. The results of the research show that 1) There are 2 soybean marketing channels in Rantau Rasau District, namely, channel I consists of district farmers-large traders-tofu and tempe industries and channel II consists of village-collecting farmers-sub-district collector traders-district wholesale traders- tofu and tempeh industry. 2) Marketing channel I has a total marketing margin of IDR 1,766/kg, a farmer's share value of 88.04%, and a profit to cost ratio value of IDR 150/kg. Marketing channel II has a total marketing margin of IDR 5,333/kg, a farmer's share value of 64.44% and a profit to cost ratio value of IDR 230/kg. The two marketing channels in Rantau Rasau District, East Tanjung Jabung Regency both provide benefits. However, economically marketing channel I is more efficient than marketing channel II. This is because the lower the marketing margin, the higher the share of the price received by farmers and the shorter the marketing channel, the more efficient it will be. Keywords: Efficiency, Marketing Margin, Farmer's Share, Soybeans
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efficiency, Marketing Margin, Farmer's Share, Soybeans |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | MD |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 01:37 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 01:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |