PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION (CRI) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR KELAS VII

Agustinawati, Putri Lovia (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION (CRI) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR KELAS VII. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_PUTRI LOVIA AGUSTINAWATI_A1C220004.pdf

Download (8MB)
[img] Text
COVER PAGES 1 DAN 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ABSTRAK_PUTRI LOVIA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 1_PUTRI LOVIA AGUSTINAWATI.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB 5_PUTRI LOVIA AGUSTINAWATI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_PUTRI LOVIA AGUSTINAWATI.pdf

Download (469kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan latar belakang rendahnya kemampuan berpikir kreatif karena beberapa faktor. Sehingga penelitian ini memfokuskan pada pengembangan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Concept-Rich Instruction (CRI) yang didukung oleh video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII salah satunya dalam memahami materi persamaan linear. Metode penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) diterapkan dalam proses pengembangan melalui wizer.me untuk E-LKPD dan Plotagon Studio untuk video animasi. Subjek dalam penelitian ini diantaranya ahli materi dan desain, uji coba perorangan terhadap guru, dan uji coba kelompok kecil dan besar pada siswa kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Instrumen penelitian termasuk angket kevalidan E-LKPD, kepraktisan E-LKPD dan angket respon siswa beserta tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD dengan video animasi mampu secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis menegaskan tingginya kevalidan E-LKPD dalam materi persamaan linear dengan video animasi, mencapai 90% untuk kevalidan desain dan 92% untuk kevalidan isi dan materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa E-LKPD berbasis Concept-Rich Instruction untuk materi persamaan linear, yang diperkaya dengan video animasi, teruji sangat valid dan praktis. Nilai kepraktisan sebesar 95% pada uji perseorangan, 86% pada uji kelompok kecil, dan 81% pada uji kelompok besar menunjukkan efektivitasnya dalam membantu siswa merekonstruksi konsep matematika dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, sebagaimana tercermin dari peningkatan nilai N-Gain sebesar 71%. Implikasi penelitian ini meliputi potensi penggunaan E-LKPD sebagai bahan ajar dalam implementasi yang lebih luas. Saran untuk penelitian kedepannya yaitu dilakukan tahap implementasi dalam skala yang besar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Concept-Rich Instruction, Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Agustinawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:12
Last Modified: 04 Apr 2024 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62744

Actions (login required)

View Item View Item