Rabbiasti, Aufa (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Skripsi.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas produk berupa bahan ajar berbentuk E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi desain dan validasi materi E-LKPD, angket praktikalitas E-LKPD oleh guru dan siswa, lembar angket respon siswa dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian diperoleh bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang didesain menggunakan canva dan memuat materi statistika kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas E-LKPD telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 80% (valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 100% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 95,24% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 88,89% (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas E-LKPD dari angket respon siswa adalah 90,93% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa, 28 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan dengan kategori tinggi dan atau sedang yang memiliki nilai N-Gain sebesar 57,01% (cukup efektif). Kata Kunci: Bahan Ajar, E-LKPD, Problem Based Learning, Canva, Berpikir Kreatif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rabbiasti |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 06:45 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |