PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA

Rabbiasti, Aufa (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas produk berupa bahan ajar berbentuk E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi, analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi desain dan validasi materi E-LKPD, angket praktikalitas E-LKPD oleh guru dan siswa, lembar angket respon siswa dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian diperoleh bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang didesain menggunakan canva dan memuat materi statistika kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas E-LKPD telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 80% (valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 100% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 95,24% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 88,89% (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas E-LKPD dari angket respon siswa adalah 90,93% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa, 28 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan dengan kategori tinggi dan atau sedang yang memiliki nilai N-Gain sebesar 57,01% (cukup efektif). Kata Kunci: Bahan Ajar, E-LKPD, Problem Based Learning, Canva, Berpikir Kreatif

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rabbiasti
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:45
Last Modified: 23 Apr 2024 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63036

Actions (login required)

View Item View Item